Systematic Literature Review: Pemanfaatan Aplikasi Geogebra Pada Materi Transformasi Geometri

Authors

  • Rindi Fatmawati Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Yahfizham Yahfizham Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Keywords:

GeoGebra, Geometry transformation education, Interactive environment, Student engagement, Dynamic visualization

Abstract

This study explores the advantages of employing GeoGebra in geometry transformation education. GeoGebra creates an interactive environment, facilitating exploration and enhancing student engagement. Geometry transformations, encompassing translation, rotation, reflection, and dilation, find broad applications in everyday life. The use of GeoGebra aids in comprehending abstract mathematical concepts through dynamic visualization. The Systematic Literature Review (SLR) method is applied with the PRISMA approach to evaluate relevant literature from 2019 to 2023. The research aims to contribute to innovative approaches in mathematics education by leveraging GeoGebra

References

Afhami, A. H. (2022). Aplikasi Geogebra Classic terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa pada Materi Transformasi Geometri. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 449-460.

Ardinata, D. (2020). Pengembangan GeoGebra untuk Materi Transformasi Geometri Berorientasi Strategi IKRAR dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Wahana Matematika dan Sains: Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya, 14(1), 87-96.

Dewi, D. K., Khodijah, S. S., & Setiawan, W. (2020). Analisis motivasi belajar matematika siswa SMA bingkai cendekia cililin berbantuan aplikasi geogebra pada materi transformasi geometri. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 3(1), 49-58.

Elvi, M., Siregar, N. A. R., & Susanti, S. (2021). Pengembangan lembar kerja peserta didik menggunakan software geogebra pada materi transformasi geometri. Alifmatika: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 3(1), 80-91.

Fitrianingsih, E. M., & Rizqoh, W. A. F. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Geogebra Pada Materi Geometri.

Hadi, S., Tjahjono, H. K., & Palupi, M. (2020). SYSTEMATIC REVIEW: Meta Analisis Untuk Riset Perilaku Organisasi. Viva Victory.

Hanafi, M., Wulandari, K. N., & Wulansari, R. (2017). Transformasi geometri rotasi berbantuan software geogebra. Fibonacci: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 3(2), 93-102.

Handayani, I. M., & Sulisworo, D. (2021). Pengembangan media pembelajaran matematika berbantuan geogebra pada materi transformasi geometri. Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika, 4(1), 47-59.

Jamaluddien, N. W., & Sumargiyani, S. (2022). ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GEOGEBRA MOBILE PADA MATERI TRANSFORMASI GEOMETRI KELAS XI SMK. JIPMat, 7(2), 104-112.

Kumalaretna, W. N. D., Kartono, K., Junaedi, I., & Mariani, S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Schoology Berbantuan Software Geogebra Materi Transformasi Geometri Kelas XI di Era Industri 4.0. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS) (Vol. 2, No. 1, pp. 901-907).

Masliah, S., Hendriana, H., & Purwasih, R. (2023). Pengembangan bahan ajar berbantuan geogebra pada materi transformasi geometri. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 6(4), 1587-1598.

Nur'aini, I. L., Harahap, E., Badruzzaman, F. H., & Darmawan, D. (2017). Pembelajaran matematika geometri secara realistis dengan GeoGebra. Matematika: Jurnal Teori dan Terapan Matematika, 16(2).

Ridwan, M. Pengembangan Bahan Ajar Transformasi Geometri Berbantuan Geogebra untuk Memfasilitasi Kemampuan Visualisasi (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatulah Jakarta).

Rodiawati, L. (2016). Pengaruh Metode Pembelajaran Demonstrasi Berbantuan Software Geogebra Terhadap Pemahaman Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Transformasi Geometri. Jurnal Edukasi dan Sains Matematika (JES-MAT), 2(2).

Rohim, N. M., Buchori, A., & Murtianto, Y. H. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Virtual Berbasis Geogebra pada Materi Geometri Transformasi untuk SMA. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 5(2), 147-155.

Samsuddin, S. F., Shaffril, H. A. M., & Fauzi, A. (2020). Heigh-ho, heigh-ho, to the rural libraries we go! - a systematic literature review. Library and Information Science Research, 42(1), 1–11. https://doi.org/10.1016/j.lisr.2019.100997

Sukenti, A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran berbasis Masalah Berbantuan Aplikasi Geogebra Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Transformasi Geometri Kelas XI IPAS–1 SMA Negeri 7 Medan. KOLONI, 2(2), 461-472.

Triandini, E., Jayanatha, S., Indrawan, A., Putra, G. W., & Iswara, B. (2019). Metode Systematic Literature Review untuk Identifikasi Platform dan Metode Pengembangan Sistem Informasi di Indonesia. IJIS: International Journal of Information System, 1(2), 63– 77.

Wijayanti, D. A. W., Haeruman, L. D., & Hidajat, F. A. (2021, December). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN SOFTWARE GEOGEBRA DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG KONSEP MATEMATIS MATERI TRANSFORMASI. In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat (Vol. 2, pp. SNPPM2021P-394).

Wulandari, K. N., & Raditya, A. (2017). Pengembangan lembar kerja siswa pada materi geometri transformasi menggunakan geogebra. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 83-90.

Published

2024-05-06

How to Cite

Rindi Fatmawati, & Yahfizham Yahfizham. (2024). Systematic Literature Review: Pemanfaatan Aplikasi Geogebra Pada Materi Transformasi Geometri. International Journal of Mathematics and Science Education, 1(2), 01–11. Retrieved from https://international.arimsi.or.id/index.php/IJMSE/article/view/17